Senin, 06 Januari 2014

Penulis buku laris "Buyology" Martin Lindstorm mengungkapkan informasi mengejutkan tentang bagaimana bisnis raksasa global saat ini bersekongkol untuk mengaburkan kebenaran dan memanipulasi pikiran kita, semua tentunya bertujuan untuk membujuk kita agar membeli.

Pemasar dan penulis visioner Martin Lindstrom telah berada di garis depan dalam perang pencitraan selama lebih dari 20 tahun. Di sini, ia ternyata menyoroti industri dirinya sendiri, mengungkapkan semua yang telah is saksikan di balik pintu tertutup, dan untuk pertama kalinya mengekspos trik dan perangkap psikologis yang telah dirancang perusahaan-perusahaan besar supaya Anda terus berbelanja.

Catatan pribadi: tidak semua perusahaan besar itu jahat, dan pemasaran tidak jahat. Namun tidak bisa disangkal bahwa banyak dari mereka yang tidak tulus dalam berbisnis.

Dalam buku berjudul "Brandwashed: Tricks Companies Use to Manipulate Our Minds and Persuade Us to Buy" ini penulis mengungkapkan di antaranya tentang:  

  • Penelitian baru yang mengungkapkan bagaimana pengiklan dan penjual secara sengaja mentarget anak-anak di usia sangat belia - bahkan ketika masih berada dalam kandungan! 
  • Hasil mengejutkan dari penelitian fMRI apa yang benar-benar dipikirkan pria heteroseksual ketika mereka melihat iklan yang memprovokasi secara seksual (catatan: bukan pacar mereka).
  • Bagaimana marketer dan juga peritel membuat panik publik dan mengambil keuntungan dari paranoia akan tragedi global, cuaca buruk, dan kontaminasi makanan.
  • Bukti neurosains pertama yang menunjukkan bagaimana kita semua kecanduan smartphone (dan fakta mengejutkan tentang kecanduan handphone - bisa lebih berat daripada kecanduan alkohol atau obat-obatan!)
  • Bagaimana berbagai perusahaan secara rahasia mengambil "jejak" digital kita untuk melihat detil dari kehidupan pribadi kita, kemudian menggunakan informasi tersebut untuk mentarget iklan dan penawaran yang sesuai dengan profil psikologis kita.
  • Bagaimana perusahaan tertentu, seperti perusahaan pembuat pelembab bibir, secara sengaja menyesuaikan formula agar produk mereka bisa membuat kecanduan.
  • Hasil eksperimen yang dilakukan secara khusus untuk buku ini, yang mengungkap tentang pembujuk terbaik dari kesemua poin di atas.
  • Dan lebih banyak lagi
Steven Levitt, penulis "Freakonomics", mengatakan bahwa pemasaran dan periklanan merupakan industri cerdik. Mereka tahu banyak tentang kita. Sebuah guru pemasaran global untuk perusahaan besar seperti Microsoft telah mengekspos tipu muslihat dan trik yang digunakan perusahaan serta pemasar agar kita menghabiskan uang. Misalnya dengan nostalgia, rasa takut, tekanan dari teman sebaya, selebriti, dan masuknya bahan dan ramuan "ajaib" yang menjanjikan kita untuk menghalau semua kekhawatiran dan membuat kita terlihat masih remaja untuk selamanya - setidaknya sampai kita mati.